Rabu, 20 Maret 2013

Teknik Instalasi Joomla


            Sobat Pacipin, artikel ini merupakan hasil sharing dengan teman saya. Instalasi Joomla bertujuan untuk membuat dan/atau memelihara situs atau website secara mudah untuk seluruh orang baik mereka yang masih pemula yang mengatur sistem pertama hingga profesional  TI yang mengelola sebuah instalasi perusahaan.

            Perlu sobat ketahui bahwasanya instalasi Joomla sedikit rumit dan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan memadai. Mungkin ini akan sedikit membantu sobat semua yang ingin mencoba.

            Baik untuk yang pertama adalah bahan yang perlu sobat siapkan yaitu perangkat PC atau laptop, Software XAMPP, Data My Joomsite, dan Browser. Baik langsung saja kita coba bersama-sama instalasinya.

1.      Aktifkan Service Apache dan My SQL melalui XAMPP Control Panel. Klik Start Menu – All Programs – XAMPP – XAMPP Control Panel.

2.      Tampilan adalah sebagai berikut

Klik Start yang terdapat di Apache  dan MYSQL hingga status keduanya Running.

Running.

3.      Kemudian buatlah Folder sesuai keinginan anda.

4.      Lalu Extract data My Joomsite tersebut kedalam         folder yang anda buat pada tahap sebelumnya dengan cara Klik kanan data My Joomsite – Pilih Extract File – Arahkan ke Folder anda – dan Klik Ok.

5.      Kemudian copy folder anda ke C://xampp/htdocs.

6.      Langkah selanjutnya buka jendela browser anda         dan akses http://localhost/folder-anda untuk memulai menginstalasi website Joomla

7.      Jika anda diminta untuk memilih bahasa maka gunakan atau pilih bahasa Inggris/English (United States), kemudian klik Next

8.      Pada Pre-Instalation Check joomla akan memeriksa kebutuhan minimal pada komputer anda untuk menjalnkan Joomla. Jika berwarna hijau anda artinya aman untuk melanjutkan. Kemudian klik Next

9.      Baca ketentuan yang ada di License dan klik Next

10.  Anda masuk di Database Configuration. Isi dengan ketentuan berikut :
Hostname        : localhost

Username        :root

Password         : (Dikosongkan)

Database Name: dbjoomsite, kemudian klik next

11.  Karena anda menginstall di Local Server, maka pengaturan FTP Configuration tidak dperlukan. Klik Next

12.  Pada Main Configuration, masukkan Website Name , Your Email , Admin Username , Admin Password dan Confirm Admin Password untuk masuk ke halaman admin. Klik install Sample Data, Lalu klik Next

13.  Jika anda sudah mencapai Finish, maka itu artinya instalasi sudah selesai. Langkah selanjutnya klik Remove Instalation Folder.

14.  Jika anda ingin mengakses halaman Admin maka ketikkan http://localhost/folder-anda/administrator/          

15.  Ketikkan untuk Username : Admin dan Password dan klik tombol Login

16.  Dan tampilan Control Panel  Joomla  adalah sebagai berikut

 

 

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon Revisi dari sobat Pacipin semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar