Minggu, 31 Maret 2013

Praktik Cover CD dan DVD


 







Oke Sahabat Pacipin semuanya.....

Selamat berjumpa kembali dengan Pacipin....Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih membuat Cover CD atau DVD?? Mungkin untuk pembuatan, bisa menggunakan Adobe Photoshop. Bagi yang sudah mahir Photoshop, silahkan praktikkan di dalam Adobe Photoshop anda. Tetapi disini Pacipin akan memakai program Corel Draw untuk membuatnya.

Cover CD/DVD selain untuk memperindah tampilan Disk, juga membantu anda untuk mengenali apa isi yang ada di dalam disk tersebut. Disisi lain, cover juga berperan untuk mengamankan CD/DVD anda dari berbagai goresan. Goresan bisa disebabkan oleh benturan, getaran maupun gesekan. Nah, daripada Sahabat Pacipin cuma mengantuk, bukankah alangkah lebih baiknya kita belajar bersama.

Baiklah, tahap pertama yang perlu anda siapkan adalah Program Corel Draw. Untuk serinya, bisa menggunakan X4 maupun seri 12.

-    Tahap kedua, buka lembar kerja baru di Corel Draw anda

-    Atur panjang dan lebar ukuran kerja baru anda, dan ubah ukuran menjadi centimeters (cm) misalnya 13 x 25,5 cm.Pengaturan ini terdapat dalam kotak Width dan Height yang ada di Property Bar. Lihat contoh dibawah ini    :

-    Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan agar sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pertama anda harus drag tombol proses yang ada pada sudut kanan atas drawing page untuk memindah koordinat 0,0 penggaris. Kemudian atur posisi guideline vertikal pada posisi 0, 5 cm dari titik koordinat 0,0. Lakukan sama untuk guideline horizontal. Tekniknya, klik Tools – Option – Guideline – Vertical dan ketikkan 0,5 cm – Add. Lakukan juga untuk guideline horizontal dan ketika selesai klik Ok. Dengan begitu maka anda akan memperoleh hasil seperti dibawah ini    :

-    Langkah selanjutnya, pilih Ellipse Tool dari Toolbox. Drag dengan menggunakan Ctrl+ Dragg ke dalam lembar kerja tadi. Jangan lupa ubah ukuran ke 11,8 x 11,8 cm. Maka anda akan memperoleh hasil seperti gambar dibawah ini        :

-    Pilih Pick Tool dan pilih tombol Snap To yang ada pada Standard Tool Box. Pilih Snap To Guideline seperti gambar dibawah ini    :

-    Drag gambar lingkaran mendekati garis Guideline Vertical dan Guideline Horizontal. Perhatikan gambar dibawah ini    :

-    Untuk membuat lingkaran kecil, klik lingkaran besar terlebih dahulu kemudian klik ganda tanda ( + ) pada keyboard anda.Fungsinya adalah untuk menggandakan lingkaran besar dan jangan lupa ubah juga ukuran menjadi 1,5 x 1,5 cm. Gambarnya ada dibawah ini    :

-    Tekan tombol Shift bersamaan dengan anda mengklik lingkaran besar dan kecil . Kemudian klik tanda Combine agar lingkaran kecil bergabung dengan lingkaran besar. Gambarnya seperti dibawah ini    :

-    Pengaturan anda suadh jadi, sekarang tinggal kasih gambar atau tulisan yang sahabat-sahabat Pacipin inginkan.


Sekian dan semoga bermanfaat!!! Bye-Bye 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar